Sabtu, 26 Februari 2011

About Mechatronics

Articles 06 Nov 2009 10:59 am

Apa itu Mechatronics?

by Salman
Definisi umum mechatronics atau mekatronika yang dikenal adalah disiplin ilmu yang merupakan kombinasi dari prinsip-prinsip desain mekanika dan elektronika. Kombinasi filosofi desain ini muncul 40 tahun lalu oleh seorang engineer Jepang ditahun 1960an dimana istilah mekatronika digunakan pertama kali dalam kontrol motor listrik diperusahaan Yaskawa Electric Jepang. Istilah ini kemudian berkembang di Jepang hingga digunakan umum di eropa beberapa tahun kemudian. Mekatronika tidak mudah untuk didefinisikan karena ia memiliki pengertian yang tidak sama dari satu literatur dengan literatur lainnya. Beberapa definisi itu dapat dilihat sebagai berikut:
Shetty dan Kolk memberikan pengertian mekatronika:
  • Sebuah metodologi yang dipakai untuk mengoptimalkan desain sebuah produk elektromekanika.
  • Metodologi desain mekatronika didasari pada proses kerja parallel dan  bukan berurutan/serial serta adanya pendekatan pada perancangan, hasil akhir produk yang bersinergi.
  • Sistem mekatronika tidaklah sama dengan sistem elektromekanika. Dia lebih dari sekedar sistem kontrol.
  • Mekatronika adalah multidisiplin, integrasi dari empat dasar ilmu/disiplin: electric, mekanik (mechanical), ilmu computer (computer science) dan teknologi informatika (information technology).
Hsu dan Wang dari Universitas San Jose mendefinisikan:
  • Mekatronika adalah sebuah proses engineering (desain dan manufaktur) yang memiliki sistem kecerdasan dan produk yang dihasilkannya merupakan  penggabungan (hybrid) dari fungsi-fungsi mechanical dan electronics.
Histand dan Alciatore mendefinisikan:
  • Mekatronika adalah bidang interdisplin engineering dalam bentuk produk desain yang fungsinya merupakan integrasi sinergi dari mechanical, electrical dan  komponen elektronika yang dikendalikan oleh sebuah sistem kontrol.
MechatronicDitahun 1997, Ashley, sebuah majalah mechanical engineering membahas terminologi mekatronika didalam artikelnya. Dua akademisi dan satu praktisi industri mencoba memberikan definisi mekatronika. Takashi Yamaguchi, seorang mechanical engineer Hitachi,  mendefinisikan mekatronika sebagai sebuah metodologi desain produk agar performance produk menjadi lebih cepat dan presisi. Hal ini dapat dicapai tidak hanya dengan mempertimbangkan aspek mekanik saja tapi juga pada penggunaan kontrol servo, sensor dan elektronika. Giorgio Rizzoni, seorang profesor mechanical engineering dari Universitas Ohio, mendefinikan mekatronika sebagai pertemuan desain tradisional dengan sensor/teknologi instrumentasi, drive dan teknologi actuator (actuator), embedded real time microprocessor system dan real time software. Produk mekatronika memiliki fitur yang berbeda dengan produk umumnya dimana fungsi mekanik digantikan dengan fungsi elektronika sehingga produk memiliki fleksibilitas yang tinggi dari sistem aslinya. Kemudian Masayoshi Tomizuka, professor mechanical engineering dari Universitas Californiam, mendefiniskan bahwa mekatronika sesungguhnya tidak ada namun rancangan produknya sangat baik. Ide dasarnya adalah  bagaimana mengaplikasikan sebuah sistem kontrol baru ke produk yang ada sehingga dihasilkan produk dengan performance yang lebih baik. Mekatronika diaplikasikan ke teknologi saat ini untuk memperbaiki biaya produk, kehandalan dan fleksibilitasnya.
Dari semua pengertian diatas, ada persamaan dalam filosofi perancanganya dimana mekatronika merupakan kombinasi dari mekanika, electrical, kontrol dan komunikasi sistem yang berperan sama terhadap keseluruhan proses desain mulai dari konsep desain hingga desain akhirnya. Produk desain tidaklah harus cerdas seperti yang dinyatakan oleh Hsu dan Wang dan tidak harus optimal seperti pernyataan  Shetty dan Kolk. Histand dan Alciatore mendefiniskan mekatronika sebagai bidang engineering dan bukan sebuah filosofi desain dan mereka juga menyatakan bahwa kontrol sistem merupakan bagian dari mekatronika yang terhubung ke sistem. Jadi ada persamaan dan perbedaan dari  beberapa definisi diatas. Semuanya setuju bahwa mekatronika berarti proses desain yang bersamaan (concurrent) dan bukan berurutan. Mekatronika multidisiplin dan merupakan filosofi desain yang dapat dihandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar